3 Hal Penting Sebelum Install Plugin Wordpress

3 Hal Penting Sebelum Install Plugin Wordpress


WordPress kini menejadi platform enggine website yang sangat populer, dengan terdapatnya plugin yang membuat WordPress semakin kuat dan membuat kita mudah untuk membangun sebuat .  Dengan bantuan plugin kita dapat mengubah dan menambahkan hampir semua fungsi untuk WordPress dengan mudah.

Tidak semua plugin yang hadir itu berfungsi sama dan bermanfaat untuk digunakan disitu anda. Beberapa plugin dapat mempercantik, mempercepat bahkan menambah fungsi dari situs, namun juga terdapat plugin yang justru akan membuat fungsi dari situs anda berubah dari yang anda harapkan. Bahkan Ada kasus beberapa plugin yang bisa menanam lubang menganga untuk keamanan yang serius di website Anda.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus Anda lihat sebelum Anda install plugin di situs WordPress Anda :

1. Apa Fungsi dan Fitur dari Plugin tersebut?

ini yang terpenting untuk di pertimbangkan karena kita mencari fungsi dan fitur dari plugin disediakan. Pilihlah fungsi dan fitur yang sangat sesuai dengan yang anda butuhkkan mesti terdapat beberapa plugin yang hampir sama namun tetap akan memliki beberapa perbedaan, disini anda perlu selektif untuk mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini untuk pengambilan keputusan akhir plugin yang ingin di gunakan.

2. Apakah Updated Dan Sesuai Dengan WordPress Terbaru?

Wordpress selalu mengalami perbaikan dan update secara berkala, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya bug dan resiko keamanan dari engine wordpress itu sediri. Sama halnya pluggin yang di gunakan di wordpress juga harus melakukan update dan penyesuain dari plugin itu sendiri sesuai dengan update wordpress terbaru.

Dalam repositori plugin resmi WordPress, Anda akan menemukan informasi ketika sebuah plugin terakhir diperbaharui, dan kompatibilitas terhadap versi WordPress diperbarui. Anda juga harus mempertimbangkan versi WordPress yang Anda gunakan.

Satu hal yang baik adalah bahwa WordPress biasanya memperingatkan kita jika plugin belum diperbarui selama dua tahun. Ini indikator bahwa pengembang mungkin telah meninggalkan plugin tersebut, sehingga plugin tidak akan mungkin melihat pembaruan lain di masa depan, dan sebaiknya jika sudah terdapat peringatan tersebut, Anda tidak harus memaksa untuk menggunakan plugin tersebut.

3. Peringkat dan Ulasan Pengguna?

Pertimbangan lain anda harus merujuk terhadap ulasan pengguna. Ulasan dari pengguna ini mejadi acuan terhadap hasil yang sudah dicoba oleh orang lain yang sudah menggunakan plugin tersebut dan bagaimana plugin tersebut bekerja setelah di implementasikan.

Perlu juga di ingat, Plugin dengan peringkat yang lebih rendah tidak selalu menunjukkan bahwa plugin tersebut buruk.

Tetap ingat bahwa plugin mendapatkan update, dan rating sebelumnya mungkin tidak mencerminkan dengan benar terhadap kualitas plugin. Di Support WordPress Ulasan sangat berguna. Di sana, Anda dapat menemukan pengguna lain bercerita tentang pengalaman mereka dengan plugin tersebut. Anda juga dapat melihat ketika review diposting serta peringkat bintang yang telah mereka berikan. Ini adalah pengukuran yang lebih akurat untuk memutuskan untuk menginstal atau meninggalkan plugin.