Ingin Merakit Komputer ini yang di perlukan

Ingin Merakit Komputer ini yang di perlukan


Ditengah globalisasi dan ditambahnya percepatan kemajuan komputer serta internet, keinginan seseorang untuk memiliki PC (Personal Computer) atau komputer pribadi sangat tinggi. Bahkan hamper seperti handphone, kebutuhan seseorang terhadap komputer hamper sampai pada titik kebutuhan primer. Komputer yang dahulu digunakan untuk pekerjaan militer atau penelitian-penelitian tingkat tinggi, sekarang banyak digunakan untuk memberikan efektivitas juga efisiensi dalam kehidupan sehari-hari kita, baik untuk membantu pekerjaan manusia ataupun untuk memenuhi kebutuhan hiburan.

PC sendiri berbeda dari laptop yang kebanyakan dijual secara sepaket langsung pakai. Walaupun ada yang menjual PC langsung jadi, pada umumnya orang-orang yang memiliki PC merakitnya sendiri. Untuk merakit PC, kita membutuhkan komponen-komponen utama yang wajib ada supaya PC setidaknya dapat beroperasi. Nah, komponen utama yang kita perlukan dalam merakit sebuah PC yaitu:

Motherboard / Mainboard

Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit. Papan sirkuit dikomputer sendiri berfungsi sebagai tempat meletakkan beberapa komponen elektronik supaya mereka dapat terhubung satu sama lainya. Motherboard sendiri kadang disebut dengan panggilan lain Mainboard. Mainboard merupakan sebuah PCB (Printed Circuit Box) yang memiliki sebuah chip BIOS (Basic Input Output System), dan jalur yang biasanya berbentuk garis keemasanya yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat elektronik yang terpasang di motherboard/mainboard tersebut.

Processor/chipset

Processor sering dianggap sebagai otak dari sebuah komputer. Processor disebut begitu karna dia memang orak dari komputer, bekerja sebagai tempat menjalankan proses dan mengendalikan kontrol kerja komputer dengan menyelaraskan kinerja antara perangkat komputer satu dengan yang lainya. Mega Heartz (Mhz) / Giga Heartz (Ghz) merupakan satuan untuk menghitung kemampuan atau kecepatan dari sebuah processor, semakin besar kemampuan dari sebuah processor akan semakin cepat komputer yang kita miliki dalam menjalankan suatu tugas.

RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan sebuah tempat penyimpanan data komputer secara sementara. RAM menyimpan data-data yang ada ketika komputer sedang dijalankan yang memungkinkan kita untuk mengakses data secara acak. Kenapa tidak menyimpanya di harddisk? Fungsi RAM sendiri adalah untuk mempercepat kemampuan PC dalam memproses suatu data. Semakin besar RAM yang dimiliki komputer kita, akan semakin cepat juga komputer kita dalam melakukan suatu task. RAM dapat mempercepat kinerja komputer karna akan menyimpan data-data didalam ruang virtual yang mudah diakses dan diproses oleh komputer kita. Dengan memiliki kapasitas RAM yang besar, komputer yang kita miliki juga dapat menjalankan program yang berat atau banyak program secara bersamaan.

Hardisk/SSD

Siapa yang tidak kenal komponen ini. Hardisk/SSD yang merupakan komponen perangkat keras pada komputer berfungsi sebagai tempat penyimpanan data-data yang kita miliki. Berbeda dengan RAM yang bersifat sementara saat komputer sedang dioperasikan, Hardisk/SSD akan menyimpan data yang kita miliki bahkan saat komputer dalam keadaan mati.

VGA (Video Graphic Accelerator) Card

VGA Card, sebuah hardware yang digunakan komputer dalam proses rendering output visual, dengan kata lain hardware yang berfungsi dalam memproses tampilan grafis yang muncul di layer monitor komputer kita. Sangat banyak orang yang terpaku terhadap RAM hingga melupakan kepentingan VGA, namun sebenarnya jika kita ingin melakukan pekerjaan grafis yang berat seperti rendering film atau main game, VGA Card merupakan komponen yang sama pentingnya dengan RAM. Dan saran saya dalam membeli laptop, berbeda dengan PC yang VGAnya bisa dicabut pasang, atau laptop memungkinkan untuk mengupgrade atau menambahkan RAM, laptop pada umumnya memiliki integrated VGA yang tidak memungkinkan kita untuk menambahkan atau mengganti VGA. Makan dari itu pilihlah laptop dengan VGA yang baik dari awalnya

Power Supply

Komputer merupakan alat elektronik. Dan alat elektronik tentu membutuhkan tenaga yang berupa listrik. Power Supply merupakan sebuah hardware yang memiliki fungsi menyuplai komponen-komponen komputer dengan tegangan listrik. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang kita buat, power supply yang digunakan juga semakin tinggi, maka dari itu pemilihan power supply yang tepat juga merupakan aspek penting dalam menghasilkan komputer yang baik.