Cara Menonaktifkan Plugin Google AMP

Cara Menonaktifkan Plugin Google AMP

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan Google AMP pada WordPress. Beberapa cara tersebut dapat dilakukan agar WordPress dapat berkembang dengan lebih baik karena sudah tidak ada pembatasan lagi yang diberlakukan pada website tersebut.

Menonaktifkan Google AMP pada website terbilang tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan dengan cepat. Cara menonaktifkan Google AMP pada website antara lain adalah:

1. Menonaktifkan Plugin dari Halaman Admin

Cara menonaktifkan Google AMP dengan mudah dan cepat adalah dengan langsung menonaktifkannya melalui halaman admin WordPress.

Saat ini, WordPress sudah dilengkapi dengan menu plugin yang memungkinkan pemilik dapat menambahkan layanan Google AMP. Jika ingin menonaktifkan Google AMP pada WordPress, pemilik hanya perlu mengunjungi halaman menu plugin.

Setelah itu, pemilik tinggal mengklik pilihan non aktifkan pada plugin Google AMP.  Setelah pilihan non aktifkan di klik, maka Google AMP akan otomatis menjadi nonaktif pada WordPress.

2. Mengatur Pengalihan Pada Website

Setelah menonaktifkan Google AMP melalui menu plugin pada WordPress, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan pada WordPress. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa halaman WordPress tidak lagi tersimpan pada situs Google.

Memang AMP dari WordPress akan langsung terhapus ketika dinonaktifkan melalui menu plugin. Namun, halaman-halaman WordPress kemungkinan besar masih tersimpan pada indeks Google dan tentu saja halaman tersebut akan selalu tampil pada hasil pencarian.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut pemilik WordPress perlu mengalihkan pengguna untuk membuka halaman WordPress non-AMP, cara ini juga untuk meminimalisir halaman 404 tidak ditemukan saat mengakses halaman amp yang lama.

Beberapa cara yang dapat kamu pilih tersebut antara lain adalah:

Menggunakan Plugin Redirect

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan plugin redirect atau plugin Yoast SEO versi premium. Agar dapat menggunakan plugin redirect ini, pemilik WordPress perlu menginstalnya terlebih dahulu.

Setelah terinstall, pemilik dapat membuka halaman tools, kemudian pilih redirection page to set up redirects. Masukkan kode berikut /(.*)\/amp pada source URL. Pada target URL field, tambahkan URL WordPress dengan format http://example.com/$1.

Jangan lupa untuk mengganti example.com tersebut dengan alamat WordPress. Kemudian centang regex checkbox dan pilih pengalihan yang ada di bawah menu group drop down.

Terakhir, pemilik dapat klik tombol ‘tambahkan pengalihan’ untuk menyimpan perubahan. Jika ingin mengecek, apakah pengalihan telah berfungsi dengan mengunjungi WordPress yang telah di setting.

Mengatur Pengalihan WordPress Menggunakan .htaccess

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatur pengalihan adalah dengan mengaturnya secara manual melalui .htaccess. Dengan menggunakan cara ini, pemilik tidak perlu repot-repot menginstal plugin redirect untuk mengatur pengalihan.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatur pengalihan pada .htaccess ini adalah dengan menggunakan file .htaccess pada akun hosting WordPress yang akan diatur.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan terhubung ke situs WordPress menggunakan File Manager yang ada pada cPanel ataupun dengan menggunakan FTP client. Setelah terhubung, carilah file .htaccess pada root folder.

Kemudian, editlah file tersebut dengan menambahkan beberapa kode berikut pada bagian bawah file. Kodetersebut adalah:

RewriteEngine On

RewriteCond %{REQUEST_URI} (.+)/amp(.*)$

RewriteRule ^ %1/ [R=301,L]

Setelah menambahkan kode  tersebut pada file .htaccess, selanjutnya adalah menyimpan perubahan yang telah dibuat. Pemilik dapat membuka WordPress yang telah diubah untuk memastikan apakah pengalihan telah berfungsi.

Google AMP memiliki banyak sekali fitur yang dapat membantu untuk meningkatkan user-experience pada. Namun, ada beberapa pemilik website yang justru terganggu dengan adanya Google AMP ini.

Oleh karena itu, pemilik WordPress bisa menonaktifkan layanan Google AMP jika merasa terganggu.